Seorang Anak di Sungai Ayak Tewas saat Berenang di Sungai Kapuas

Seorang Anak di Sungai Ayak Tewas saat Berenang di Sungai Kapuas

Seorang bocah berusia 13 tahun meninggal dunia saat berenang di Sungai Kapuas, tepatnya di Desa Sungai Ayak Dua, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar. Peristiwa nahas tersebut terjadi, Selasa sore (25/8).


Kapolres Sekadau, AKBP Marupa Sagala melalui Kapolsek Belitang Hilir, IPTU Pansang mengatakan, korban berenang bersama dua temannya. Saat itu, kata dia, pihaknya mendapat laporan bahwa terjadi laka tenggelam yang diketahui korbannya meninggal dunia.

"Menurut keterangan dua teman korban, mereka berenang di Sungai Kapuas belakang Pasar Sungai Ayak sekitar pukul 16.00 WIB. Kemudian, salah satu teman korban berenang menuju ke arah tengah sungai yang jaraknya kurang lebih 20 meter dari tepi sungai, ia berpegang pada sebatang bambu yang berada di sungai itu," kata Pansang, Rabu (26/8).

Sementara itu, satu teman korban lainnya berada di lanting. Saat itu, teman korban yang berada di lanting ini menanyakan di mana korban. Namun, korban tak juga terlihat oleh kedua temannya itu.

"Tanpa disadari kaki salah satu teman korban ini menyentuh sesuatu di dalam air dan dipegang ternyata itu adalah kaki korban," ungkap Pansang.

Lantaran arus Sungai Kapuas yang begitu deras, mereka sulit mengangkat korban sendirian. Sehingga, mereka pun meminta pertolongan kepada warga setempat.

"Tidak lama kemudian penambang motor air datang untuk membantu mengangkat korban. Setelah diangkat ternyata kaki sebelah kanan korban terlilit tali tambang yang terikat pada sebatang bambu," beber Pansang.

Korban dievakuasi untuk mendapat pertolongan, namun belum sadarkan diri. Hingga akhirnya korban dibawa ke Puskesmas Sungai Ayak untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Selang beberapa saat korban dinyatakan meninggal dunia. Korban dimakamkan hari ini," pungkasnya.