Sandiaga Uno: Perjuangan Lawan Covid-19 Belum Usai

Sandiaga Uno: Perjuangan Lawan Covid-19 Belum Usai

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 (RIB) terus bergerak membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan virus yang hingga kini belum ditemukan vaksin pengobatannya.


Kali ini, RIB menggelar rapid test massal di Lapangan Sinarmas, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Rapid Test ini ditargetkan untuk para masyarakat umum, para Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan pekerja lepas di wilayah Kecamatan Gambir.

Ketua Umum RIB Sandiaga Uno meninjau langsung rapid test massal ini. Dalam peninjauan tersebut, Sandiaga juga didampingi Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara, Camat Gambir Fauzi dan Lurah Duri Pulo Iri Damiri.
Sandiaga mengatakan rapid test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja sama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kegiatan ini adalah bukti gerak cepat dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemkot Jakpus dalam penanganan wabah Covid-19,” kata Sandiaga di lokasi rapid test, Jumat (19/6).

Kata dia, Kecamatan Gambir ini sudah masuk zona hijau. Satu-satunya kecamatan di Jakarta Pusat yang berstatus zona hijau.

Untuk itu, ia meminta tetap dipertahankan dengan sosialisasi serta edukasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan patuhi protokol yang ketat dan disiplin.

Dia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

“Kita juga harus memastikan masyarakat bahwa Covid-19 itu ancaman yang nyata, jangan diplesetkan ini konspirasi karena sudah lebih dari 2.000 saudara kita yang sudah meninggalkan kita, perjuangan ini belum selesai. Kita harus tuntas dan putuskan mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Dalam rapid test ini, RIB menyiapkan dua mobil lab untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulance. Swab Test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif Covid-19.

Mobil laboratorium RIB ini dapat mengambil 320 sampel per hari. Adapun, hasil swab test bisa diketahui hanya dalam kurun waktu 3 jam.