Jalan Provinsi Sekadau - Rawak Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

Jalan Provinsi Sekadau - Rawak Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

Salah satu jalan yang ada di Kabupaten Sekadau yaitu Jalan akses menuju ke Kecamatan Sekadau Hulu saat ini kondisinya sangat memperihatinkan.


Saat pantauan dilapangan Sabtu Sore (21/3) banyak jalan yang sudah berlobang dan sangat hancur. Sehingga, kondisi jalan tersebut tampak tak diperhatikan sama sekali dan dirawat.

Saat ditanya salah satu warga disekitar jalan tersebut Tarman (40) mengaku kondisi fisik jalan tersebut merasa prihatin dan sedih mulai dari atas munguk ransa sampai ke bawah lebih 15 km, jalannya cukup parah.

Sudah sangat lama jalan ini tidak mendapat perbaikan atau perawatan. Dulu pernah, namun tidak bertahan lama dan jalannya hancur lagi. Mungkin karena pengerjaannya kurang maksimal, jadi hanya bertahan seumur jagung. Sekarang, kalau hujan pasti becek dan kalau kemarau debunya kemana-mana.

"Saya sendiri merasa sedih dan prihatin terhadap kondisi jalan ini. Dan saya juga heran kenapa jalan ini tak kunjung diperbaiki. Padahal, jalan merupakan akses utama bagi masyarakat setiap harinya," kata Tarman kepada Kantor Berita RMOLkalbar.

Ia dan warga lainnya sangat berharap pemerintah lebih peduli dengan jalan tersebut, dan segera dibangun kembali dengan maksimal.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, H. Akhmad Suryadi mengatakan untuk status jalan tersebut merupakan jalan Provinsi. Dan sudah diberitahukan kepada Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar dan Kepala Bapeda Provinsi Kalbar pada saat Musrenbang Kabupaten Sekadau pada 17 Maret yang lalu.

"Ya betul, untuk ruas jalan Sekadau - Rawak status Provinsi. kerusakan yang terjadi saat ini sudah di beritahukan kepada Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar dan Kepala Bapeda Provinsi Kalbar saat Musrenbang Kabupaten Sekadau hari Selasa 17 Maret 2020. Dan sekaligus tim juga langsung meninjau lokasi yang rusak," kata Akhmad melalui pesan singkatnya.

Akhmad juga mengatakan bahwa untuk tahun ini Pemerintah Provinsi Kalbar sudah menganggarkan dana sebesar 4,81 M untuk perbaikan jalan tersebut.

"untuk tahun 2020 sudah dianggarkan sebesar 4,81 M. yang saat ini dalam proses tender di LPSE Provinsi Kalbar," tambahnya.

Ia juga berharap agar segera dipercepat pekerjaan terutama untuk yang sedang rusak parah. Agar, transportasi arus barang dan orang tidak terhambat.

"Harapan kita untuk dipercepat pekerjaan terutama yg rusak tersebut. Agar, transportasi arus barang dan orang tidak terlambat," harapnya.